Senin, 29 Agustus 2011

Belajar Chord Keyboard

Mau belajar keyboard tapi ga ada yang ngajarin?? Liat buku-buku yang ngasih pola-pola chord (kunci) tapi ga di jelasin bagaimana penjariannya? Repot pindah-pindah chord karena berjauhan? Belajar keyboard itu susah?
Wah….hilangkan semua pemikiran itu. Disini saya coba kasih beberapa bentuk chord yang umum berkaitan dengan nada dasar C.
Perhatikan :
  • Perhatikan susunan jarinya. Dengan susunan penjarian seperti di gambar, akan lebih mudah untuk pergerakan dalam perpindahan chord.
  • Sembilan chord yang saya jelaskan di atas, sepertinya sudah cukup untuk mengiringi berbagai lagu-lagu yang umum, khususnya lagu-lagu tembang kenangan.
  • Kalau cuma sekedar hobi dan hanya untuk hiburan di rumah, ini aja udah cukup, beli buku-buku yang ngasih kunci-kunci (chord nada dasar C=do) di atas liriknya. Dan mainkan.
  • Untuk tangan kanan, silahkan di coba-coba aja. Kalau lagu-lagunya masih standar, berarti untuk tangan kanan, jarang mencet tuts yang warna hitam.
  • Kalau nada dasar C terlalu tinggi, terlalu rendah atau ga pas dengan penyanyinya, pencet tombol TRANSPOSE di keyboard Anda, tekan naik atau turun sampai nadanya pas.
  • Penggunaan tombol transpose untuk belajar, cuma saya sarankan HANYA untuk kalian yang bermain keyboard hanya untuk hiburan di rumah. Tapi kalau belajarnya untuk mengejar cita-cita sebagai player yang profesional, JANGAN coba-coba belajar menggunakan fitur TRANSPOSE, karena suatu saat bila kalian sudah jadi pemain profesional dan di hidangkan Grand Piano, bisa nangis karena ga ada tombol transposenya…he..he..he..he…

Selamat Berlatih dan semoga bermanfaat.
Amin…..

TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar