Jumat, 19 Agustus 2011

Musik Keyboard

Sebuah musik keyboard adalah himpunan tuas ditekan berdekatan atau tuts pada alat musik, terutama piano. Keyboard biasanya berisi tuts untuk memainkan dua belas not dari skala musik barat, dengan kombinasi yang lebih besar, kunci panjang dan lebih kecil lagi, kunci pendek yang berulang pada interval satu oktaf. Penekanan tombol (tuts) pada keyboard akan menghasilkan suara, baik oleh mekanik ketukan string atau tine (piano, piano listrik, clavichord); petikan string (harpsichord); udara yang mengalir melalui pipa (organ); dsb. Pada keyboard listrik dan elektronik, penekanan tuts akan menghubungkan rangkaian (Hammond organ, piano digital, synthesizer). Karena instrumen keyboard yang paling sering ditemui adalah piano, layout keyboard sering disebut sebagai "keyboard piano".
Dua belas not dari skala musik Barat ditata dengan not terendah di sebelah kiri, semakin ke kanan kunci (untuk tujuh "natural" not dari skala C mayor: C, D, E, F, G, A , B) semakin naik nadanya. Karena tuts-tuts ini secara tradisional tercakup dalam gading mereka sering disebut not putih atau tuts putih. Tuts untuk sisa lima not yang bukan merupakan bagian dari skala(C mayor yaitu, C ♯ / D ♭, D ♯ / E ♭, F ♯ / G ♭, G ♯ / A ♭, A ♯ / B ♭ ) diangkat dan diatur kembali. Karena tuts-tuts ini jarang dipakai, mereka sering terbuat dari kayu berwarna hitam dan disebut not hitam atau tuts hitam. Mengulangi pola pada interval satu oktaf.
Pengaturan kunci C lebih lanjut dengan intervensi, kunci lebih pendek untuk semitone antara tanggal untuk abad ke-15. Banyak instrumen keyboard berasal dari sebelum abad ke-19, seperti harpsichord dan organ pipa, memiliki keyboard dengan warna tuts terbalik (not putih terbuat dari kayu hitam dan not hitam ditutupi dengan tulang putih lembut). Beberapa instrumen listrik dan elektronik dari 1960-an dan dekade berikutnya juga telah melakukan ini, misalnya organ elektronik Vox dari tahun 1960-an, organ CEPAT Farfisa yang portabel, Hohner itu Clavinet L, satu versi Poli-800 synthesizer Korg dan harpsichord digital Roland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar